Speak Up Program moving forward

Speak-Up adalah salah satu program kursus bahasa inggris yang diberikan oleh Mediterranean Bali sebagai sebuah benefit yang diterima secara gratis oleh mahasiswa yang sudah melakukan daftar ulang digelombang pertama. Program ini bertujuan meningkatkan kemapuan mahasiswa dengan menitikberatkan berani berbicara dengan menggunakan Bahasa Inggris. Selain itu, mahasiswa diharapkan lebih siap menghadapi perkuliahan dan dunia industri yang dominan menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi.

Dalam pelaksanaan Speak Up, mahasiswa akan dibimbing oleh instruktur dengan latar belakang serta pengalaman yang mumpuni di bidangnya. Materi, teknik pembelajaran serta situasi di kelas dirancang sedemikian rupa sehingga mahasiswa menikmati Speak Up dengan baik tanpa mengalami stres yang berlebihan. Semua langkah diambil semata mata agar tujuan dari program Speak Up dapat tercapai.

Namun diluar perkiraan, Pandemi Covid 19 menjangkiti dunia dan berdampak luas ke berbagai sektor kehidupan. Seluruh elemen masyarakat dipaksa untuk beraktifitas terbatas. Bersosialisasi kini menjadi sesuatu hal yang beresiko. Agenda kegiatan terpaksa harus beradaptasi, diundur ataupun dibatalkan. Lembaga pendidkan dan pelatihan terpaksa diliburkandemi mencegah penyebaran yang lebih luas. Tenaga pendidik dan siswanya diarahkan untuk belajar secara daring dari rumah. Hal ini tentunya menimbulkan permasalahan baru.

Masalah akan menjadi masalah apabila kita menginginkannya. Akan berbeda apabila kita menjadikan masalah tersebut sebagai sebuah tantangan. Pandemi Covid 19 tidak selalu memberikan dampak buruk. Selalu ada berkah dibalik setiap kesulitan yang kita hadapi. Mediterranean Bali selalu berusaha menjawab tantangan agar selalu bertumbuh. Tidak terkecuali program Speak Up. Demi mendukung ajakan tidak berkumpul, kali ini program tidak dijalankan dengan tatap muka langsung melainkan secara daring dari rumah. Dalam pelaksanaanya, tatap muka digantikan dengan aplikasi meeting online seperti Zoom dan Cloud X. Hal ini merupakan tantangan baru didalam dunia pelatihan kerja. Selain berlatih bahasa inggris, mahasiswa dilatih untuk beradaptasi dengan aplikasi yang mungkin sebelumnya tidak mereka kenal. Pengenalan sejak dini menjadi sangat penting sebab teknologi berkembang sangat pesat disegala lini. Instruktur pun akan tertantang untuk mengembangkan teknik mengajar dan mengemas materi agar bisa dipahami oleh mahasiswa.

Agar program berjalan dengan baik, Mediterranean Bali memberikan kuota internet gratis bagi peserta. Hal ini merupakan bentuk komitmen kampus didalam meberikan pelayanan prima kepada mahasiswa. Selain itu, konsultasi dan bimbingan terkait permasalahan selama program berlangsung juga dilakukan dalam hal ini oleh Koordinator bidang Akademik. Semua itu harus dilakukan agar tujuan program dapat dicapai dengan maksimal ditengah kondisi Pandemi Covid 19.

Berbagai tindakan harus segera diambil. Tanpa tidakan kita akan terjebak. Mahatma Gandi pernah berkata "Without action, you aren't going anywhere." Hal yang logis sekarang ini adalah Keep moving Forward.