Achievement

2018

Mahasiswa Mediterranean Bali Raih Juara 1 Di Rangkaian Acara Internasional Bali Reunion, Wonderful Sail to Indonesia 2018

Mahasiswa Mediterranean Bali sukses meraih Juara 1 dalam kompetisi “Group Cooking Competition” yang diadakan di Ex Pelabuhan Buleleng pada hari Rabu, 26 September 2018. Kompetisi yang diselenggarakan oleh ICA Bali ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Bali Reunion, Wonderful Sail to Indonesia 2018.  

“Bali Reunion, Wonderfull Sail Indonesia 2018 ini merupakan event bertaraf internasional dimana kami mengundang pelaut dari berbagai negara untuk menjelajahi Indonesia dan tentu juga mengajak mereka untuk berlabuh di Bali sehingga dapat menikmati keindahan dan keunikan Bali Utara pada khususnya” Tutur Cok Dewi Lesmana, selaku perwakilan panitia kegiatan.

Ketua Indonesian Chef Association / ICA Bali, Chef i Gede Putu Hendra Mahena, menjelaskan bahwa kompetisi ini sangat baik karena dalam setiap group yang berkompetisi juga melibatkan satu orang perwakilan dari Team Wonderful Sail 2018 dan itu mengharuskan peserta lomba untuk bekerja sama secara intens dengan menggunakan bahasa Inggris.

“Dengan dilibatkannya ajang kuliner di Wonderful sail to Indonesia maka secara tidak langsung akan mempromosikan kuliner daerah setempat juga sehingga industri pariwisata akan semakin berkembang. ” Tambah Chef Mahena

Ajang yang diikuti oleh berbagai sekolah perhotelan dan masyarakat umum di Buleleng ini juga sangatlah menantang mengingat setiap group berlomba untuk dapat menyajikan nasi goreng yang dikreasikan sekreatif mungkin. Peniliaian dilakukan oleh Chef dari anggota Indonesian Chef Association / ICA dimana poin penilaian ditentukan berdasarkan rasa, presentasi, proses memasak dan juga kebersihan.

 Direktur Mediterranean Bali, Gede Agus Arya S. Y, S.Pd.,M.Pd. sangat mengapresiasi pencapaian Mahasiswa Mediterranean Bali. “Kami bangga atas prestasi yang berhasil dicapai oleh mahasiswa Medi. Melalui kemenangan ini mereka berhasil membuktikan secara nyata kualitas pendidikan di Mediterranean Bali kepada masyarakat umum. Kemenangan ini juga semakin menambah pundi – pundi prestasi yang saat ini kita miliki”

 Sebagai kampus perhotelan pertama yang memiliki sertifikasi ISO 9001:2015 dari TUV Rheinland Germany, prestasi yang berhasil diraih Kampus Medi merupakan pembuktian langsung akan jaminan Medi untuk memberikan pendidikan berkualitas bagi mahasiswanya.  

Setelah sukses menelurkan Ribuan lulusan yang sukses bekerja di hotel, restaurant maupun kapal pesiar di posisi favorit melalui agen resmi CTI Group Bali, pada saat ini Kampus Mediterranan Bali juga membuka pendaftaran untuk mahasiswa periode Desember 2018 dan Juli 2019 – 2020. Mediterranean Bali juga selalu berkomitmen untuk mengapresiasi kerja keras yang dilakukan mahasiswa dan ini ditunjukan dengan pemberian 5 Buah Honda PCX Gratis bagi 5 mahasiswa terbaik Medi.  

 

2018

JUARA 1 dalam Dewata Culinary Challenge XII di Nusa Dua Fiesta 2018 dalam kategori Black Box Meat-Beef dan Dessert Platting

 

Kampus Mediterranean Bali berhasil menambah pundi – pundi prestasi dengan sukses meraih Juara 1 di Dewata Culinary Challenge 2018 yang diadakan setiap tahunnya oleh Indonesia Chef Association / ICA DPD Bali pada dua kategori yang dilombakan yaitu Dessert dan Beef. Perhelatan ini merupakan tahun ke-13 yang diadakan di Nusa Dua bertepatan dengan Nusa Dua Fiesta 2018 pada 28 September 2018 berlokasi di Peninsula Island – Nusa Dua dan diikuti oleh puluhan peserta/grup yang berasal dari Kampus maupun LPK di bidang Hospitality se-Bali.

Untuk lomba kategori Beef, kali ini tim ICA menggunakan Black Box dimana setiap peserta tidak mengetahui bahan makanan apa saja yang digunakan untuk membuat main course. Pada kategori Beef ini Mediterranean Bali mengirimkan 1 group yang beranggotakan 2 mahasiswa Medi yaitu Fajar Gusti Pangestu dan I Wayan Yutha Mahendra Putra, mahasiswa Medi Denpasar jurusan Food Production semester 3 program Certificate 4 Mediterranean Bali. Di kesempatan ini mereka membuat Pan-seared Beef with Fondant Potato, Carrot Puree and caramelized onion sauce and garlic foam yang berhasil menghasilkan medali juara 1 bagi Kampus Mediterranean Bali.

Beralih ke kategori Dessert, Kampus Medi mengirimkan 2 mahasiswa yaitu Krisna Wijawa Kusuma dan I Gusti Agung Darmawan yang  merupakan mahasiswa Medi Denpasar jurusan Food Production semester 1. Dalam kesempatan ini mereka membuat hidangan Coconut cheese cake and black rice brownie with jackfruit, pandan and butterscotch. Hidangan ini sukses membawa Mediterranean Bali menjadi Juara 1 di kategori Dessert.

Chef Adi Apriana, instruktur Food Production yang juga merupakan salah satu alumni Medi yang berhasil meraih peringkat IV di ASEAN dalam lomba ASEAN Skill Competition pada tahun 2016 juga menjadi salah satu mentor dalam perlombaan Dewata Culinary Challenge 2018 ini bersama dengan Chef Ni Nyoman Sutryasih yang merupakan Ketua Program Studi jurusan Food Production di Mediterranean Bali. Chef Adi mengaku sangat salut dengan keseriusan mahasiswa Medi dalam proses latihan untuk mengikuti kompetisi, mereka pantang menyerah walaupun menghadapi banyak tantangan disela-sela masa latihan, pada akhirnya usaha mereka terbayar dengan berhasil membawa juara 1 dalam kompetisi kali ini. Dan Chef Adi Apriana juga berharap agar prestasi yang didapat Medi tidak sampai disini, generasi peraih juara harus tetap terlahir di Mediterranean Bali.

Direktur Mediterranean Bali, Gede Agus Arya Saputra Yasa, S.Pd., M.Pd, sangat mengapresiasi pencapaian mahasiswa Mediterranean Bali dalam ajang-ajang perlombaan bergengi yang setiap tahun diadakan oleh ICA DPD Bali. “Dengan semakin seringnya mahasiswa Medi memenangkan lomba di tingkat regional, nasional maupun ASEAN, ini menunjukan komitmen MEDI untuk konsisten mencetak tenaga kerja yang memiliki kualiatas dan mental siap kerja serta bersaing menghadapi persaingan global. Medi selalu berfocus pada dua hal utama yaitu “Quality focus” dan “Customer Focus”. Pada sisi Quality Focus, keberhasilan mahasiswa adalah indikator utama yang menunjukan bagaimana Medi tidak main-main dengan kualitas lulusannya. Kita berharap seluruh mahasiswa untuk mengikuti program yang sudah di rancang oleh Medi agar nantinya seluruh lulusan Medi memiliki kulitas yang sama dalam memenuhi kebutuhan dunia kerja di industri. Kedepanya Medi akan terus melakukan inovasi agar senantiasa mengikuti perkembangan dan tagihan dunia kerja. Kami mengajak seluruh generasi muda untuk terus semangat mengembangkan dirinya dengan mengikuti prosesnya dengan baik bersama Medi”.

Sementara itu, Chef I Gede Putu Hendra Mahena selaku Ketua Panitia dalam Dewata Culinary Challenge yang juga merupakan Ketua ICA DPD Bali turut memberikan apresiasi  dan harapannya pada kompetisi ini “Saya berharap kompetisi ini dapat terus di dukung oleh LPK se-Bali agar dapat memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk menguji kemampuan masing-masing dalam perlombaan di bidang culinary, dengan demikian kita dapat mengukur seberapa sukses kita dalam mendidik mahasiswa di LPK masing-masing” Tutur Chef Mahena.

Dengan diraihnya Juara 1 di kedua kategori dalam Dewata Culinary Challenge 2018 kali ini, Mediterranean Bali akan semakin terpacu untuk menjadi lebih baik lagi, baik dalam kualitas maupun mutu pendidikan agar mahasiswa Mediterranean Bali dapat terserap langsung di dunia industri perhotelan dan kapal pesiar.

Setelah sukses menelurkan Ribuan lulusan yang sukses bekerja di hotel, restaurant maupun kapal pesiar di posisi favorit melalui agen resmi CTI Group Bali, pada saat ini Kampus Mediterranan Bali juga membuka pendaftaran untuk mahasiswa periode Desember 2018 dan Juli 2019 – 2020. Mediterranean Bali juga selalu berkomitmen untuk mengapresiasi kerja keras yang dilakukan mahasiswa dan ini ditunjukan dengan pemberian 5 Buah Honda PCX Gratis bagi 5 mahasiswa terbaik Medi.  

 

Mahasiswa Mediterranean Bali membawa pulang medali emas sebagai Juara 1 dalam lomba Balinese Sweet Competition di SPB-STPBI.

 

Lagi dan lagi mahasiswa Mediterranean Bali mengharumkan nama kampus dengan menyabet Juara I dalam lomba Balinese Sweet Competition di kampus SPB-STPBI pada hari Sabtu, 26 Mei 2018. Lomba ini diikuti oleh 15 pasang peserta dari berbagai Kampus Perhotelan dan Pariwisata se-Bali.

 

Mahasiswa Mediterranean Bali yaitu I Wayan Yoga Indra Agustia dan Eka Arta Mahardika yang merupakan mahasiswa Program Studi Food Production semester IV di program Certificate 4 (C.4) yaitu program keahlian 2 tahun. Mereka berhasil membawa medali emas dengan menjuarai lomba ini. Hal ini memuktikan bahwa Mediterranean Bali terus berusaha untuk mencetak SDM yang berkualitas sehingga dapat bersaing di industri Perhotelan maupun Kapal Pesiar.

 

Pencapaian mahasiswa ini membuat Mediterranean Bali sangat bangga sekaligus lebih terpacu lagi untuk menciptakan SDM yang berkualitas dan berkompeten di bidang Perhotelan dan Kapal Pesiar. Kami berharap agar kelak mahasiswa kami dapat berprestasi dalam bidang Perhotelan dan Kapal Pesiar.

 

Congrats guys! You deserve it!

Proud to be MEDITERRANEAN BALI!

 

2018

Untuk kesekian kalinya mahasiswa Mediterranean Bali kembali meraih penghargaan sebagai pemenang Dessert Plating Competition yang diselenggarakan oleh Senat STIPAR Dalung, 9 Maret 2018.

 

Mahasiswa Mediterranean Bali tidak henti - hentinya menunjukan prestasi yang sangat membanggakan dan membawa nama baik kampus Mediterranean Bali dalam ajang Dessert Plating Competition yang diselenggarakan oleh Senat STIPAR Dalung, 9 Maret 2018. 

I Wayan Eka Saputra Kumara Jaya dan I Wayan Yutha Mahendra, keduanya dari jurusan F&B Production masing - masing meraih penghargaan sebagai pemenang pertama ( medali emas ) dan pemenang kedua ( medali perak ) dalam ajang ini. Komitmen Medieterranean Bali untuk menciptakan SDM perhotelan dan kapal pesiar yang berkualitas dan berkompeten tidak diragukan lagi, karena sudah terbukti dari hasil yang diraih mahasiswa Mediterranean Bali. 

Mediterranean Bali sangat bangga atas pencapaian yang telah diraih oleh kedua mahasiswa ini dan sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan perhotelan dan kapal pesiar akan terus melahirkan SDM yang sangat berkualitas dan berkompenten dalam menjawab tantangan dunia kerja. 

Proud To Be MEDITERRAENAN BALI. 

 

2017

Mahasiswa kampus Mediterranean Bali kembali menunjukan Prestasinya dalam lomba bergengsi  ASC XII  2017 ( ASEAN SKILL COMPETITION ) Tingkat Provinsi Bali yang diikuti oleh beberapa LPK  / Kampus Perhotelan ternama  dan Sekolah Tinggi Pariwisata   di Bali.

Mahasiwa Mediterranean Bali  program certificate IV F&B Production (Program 2 Tahun) atas nama  Gede Langgeng Kurniawan berhasil meraih juara pertama dan Gusti Surya Hadi Prayuda Putra  meraih juara kedua dalam bidang COOKING / CULINARY. Selain itu  dalam bidang RESTAURANT SERVICE yang baru pertama kali diikuti, mahasiwa Mediterranean Bali program certificate IV F&B Service  ( Program 2 Tahun ) Ketut Fandy Nugraha berhasil meraih juara ketiga.

Pelaksanaan  lomba dibidang CULINARY diadakan di Kampus STP Nusa Dua, bidang Restaurant Service diadakan di Balai Latihan Kerja (BLK) Renon, Denpasar. Pada ajang  ASC XI 2015 sebelumnya mahasiwa Mediterranean Bali,  Gede Adi Apriana,  Mahasiswa Program certificate IV F&B Production juga berhasil meraih Juara pertama di Bali dan mewakili Provinsi Bali ditingkat Nasional  dan selanjutnya mewakili Indonesia pada Final ASC XI di Kuala Lumpur, Malaysia dan berhasil menduduki peringkat IV ASEAN.

Lomba ASC  ini rutin diadakan setiap 2 tahun di 10 Negara ASEAN dimana Negara penyelenggara  event berrgengsi ini digilir setiap eventnya. Direktur Mediterranean Bali A.A. Gede Abdiarta, SE. CHT  menyatakan  sangat bersyukur dan merasa bangga atas prestasi mahasiswanya selama ini,  “Kami benar-benar bersyukur atas prestasi mahasiswa-mahasiwa Kami, dimana  pada ASC 2017 ini 3 mahasiswa kami kembali  berhasil meraih Juara di lomba yang sangat bergengsi, ini suatu  bukti dari hasil kesungguhan belajar dan berlatih keras  mahasiswa kami termasuk peran semua Instruktur  professional  Mediterranean Bali  beserta instansi / lembaga/ asosiasi terkait yang memberikan bimbingan, pembinaan, pembekalan  dan training lanjutan kepada mahasiswa kami .

Mudah-mudahan Mahasiswa kami nantinya bisa kembali lolos di penyisihan ditingkat Nasional seperti pada  ASC XI Tahun 2015 sebelumnya sehingga bisa kembali mewakili Indonesia di Final ASC XII di Bangkok, Thailand Tahun 2018”  imbuhnya. Prestasi nyata mahasiswa Mediterranean Bali  di Tahun 2017 ini semakin bersinar, sebelumnya mahasiswa Mediterranean Bali meraih medali perak / Juara 2 dalam ajang  ‘The 11th Dewata Culinary Challenge 2015’ di BNDCC Nusa Dua.  Meraih medali emas / Juara 1 dalam “Legian Beach Festival”  bidang Culinary pada bulan September  2016,  Tak heran beberapa Penghargaan Nasional  sebelumnya telah diraih oleh Kampus yang dimiliki langsung oleh agent Kapal Pesiar CTI Group Bali ini diantaranya sebagai “ Kampus berprestasi di bidang pelatihan dan productivitas”  Tahun 2013 dari Kementerian Tenaga Kerja RI,  sebagai “ Institution Of Highly Recommended In Hotel & Cruise Line Training Centre Of The Year 2015” dari Kementerian Koperasi & UKM, Penghargaan “The Best College” dari Bali best brand Award berturut-turut Tahun 2015 dan 2016. Juga banyak mahasiswa dan alumninya yang meraih penghargaan “The Best Trainee”, “Employee of the Month” di hotel berbintang & kapal pesiar.

Mediterranean Bali  benar-benar membuktikan  keseriusan komitmennya untuk menciptakan SDM perhotelan  & kapal pesiar yang sangat kompeten &  berkualitas dengan didukung oleh Sarana prasarana dan fasilitas lab praktek  yang lengkap dan berstandar hotel berbintang serta Instruktur  professional  yang mayoritas juga menjadi asesor kompetensi. Sementara itu  Deputy Director I Mediterranean Bali,  bidang Curriculum & Financial Administration, A. Agung Widnyana, SS  yang juga sebagai Direktur Lembaga Sertifikasi Profesi  (LSP) 3 Pariwisata Bali ini menambahkan  “ mulai tahun akademik 2014/2015 kami telah mengimplementasikan ASEAN Curriculum di semua kampus.  Pelatihan teori  dan praktek kami sesuaikan dengan kebutuhan industri / dunia Kerja saat ini, termasuk juga  di ASEAN,  Seluruh lulusan Mediterranean Bali langsung disertifikasi oleh LSP 3 Pariwisata Bali dengan menggunakan Asesor dari Industri dengan posisi level managerial sehingga lulusan Mediterranean Bali benar-benar di uji kemampuannya secara real oleh Industry guna mendapatkan hasil yang objectif  sekaligus mendapatkan masukan bila ada hal-hal yang perlu ditingkatkan sehingga alumni Mediterranean Bali dimanapun nantinya melamar  kerja telah dibekali dengan sertifikat Kompetensi yang diakui di 9 Negara Asean”  sambungnya.

2017

Nusa Dua Fiesta (NDF) telah dilaksanakan selama Dua puluh kali sejak Tahun 1996 dan menjadi salah satu kegiatan rutin yang banyak ditunggu publik di Bali. Berangkat dari sebuah ide untuk memberi sentuhan yang berbeda terhadap peran kawasan Nusa Dua selain sebagai fasilitas akomodasi dan pusat kegiatan konferensi, maka NDF mulai berkembang dari awalnya hanya kegiatan apresiasi hotel dan tenant kepada pengunjung di kawasan, menjadi sebuah pesta besar yang menjadi ajang penampilan atraksi seni, budaya, kuliner, olahraga dan hiburan. 

Nusa Dua Fiesta dimeriahkan oleh banyak pihak salah satunya dibidang kulineri adalah Indonesian Chef Association - Bali (ICA). Mediterranean Bali pun ikut dalam lomba yang diadakan oleh ICA salah satunya lomba dengan tema  Jaje Bali / Balinese Cake Class.

Kedua mahasiswa yang mewakili Mediterranen Bali adalah Ni Luh Supriliani (Cook A) dan Komang Radha Rani (Cook F) dari kampus Mediterranean Denpasar. Kedua mahasiswi ini membawa nama baik kampus dan hasilnya tidak mengecewakan. Mereka pulang dengan membawa medali perak (juara 2). Dengan kerja keras serta pengetahuan yang dalam akan tema lomba ini membuat mereka pulang dengan hasil yang tidak mengecewakan.

Chef Adi yang tidak lain adalah instruktur tim ini pun merasa bangga akan prestasi yang diraih oleh timnya. "Kemenangan ini semoga dapat memberikan semangat lebih lagi kepada mahasiswa-mahasiswi Medi yang lain sehingga dapat dengan percaya diri menghadapi lomba-lomba lainnya dikemudian hari." - Chef Adi.

Once again, selamat untuk Ni Luh Supriliani dan Komang Radha Rani, karena setiap kerja keras dan usaha yang gigih pasti akan membuahkan hasil yang baik. Selamat ya!

2017

1. Food Production, I Gede Langgeng Kurniawan & I Gusti Surya Hadi Prayuda Putra, Juara 1 dan 2 dalam “Seleksi Nasional ASEAN Skils Competition Bali 2017.”

2. Food Production, Ni Luh Supriliani dan Komang Radha Rani, Juara 2 dalam "Event Nusa Dua Fiesta 2017" dengan tema Live Cooking Jaje Bali / Balinese Cake Class.

3. Food Production, Gede Agus Prasetyawan, Juara 2 dalam "Event Nusa Dua Fiesta 2017" dengan tema Live Cooking Beef Class.

4. Food Production, I Gede Bayu Wahyudi, Juara 2 dalam "Event Nusa Dua Fiesta 2017" dengan tema Live Cooking Seafood Class.

5. Bekerjasama dengan IHGMA (Indonesian Hotel Manager Association).

2016

1. Memperoleh penghargaan “The Best College in Bali” dalam ajang Bali Best Brand Award 2016.

2. Memperoleh penghargaan “The Most Improve National Hospitality and Cruise Ship Training Institution of New Year” dalam Nominasi Indonesian Business Profesional & Education Award 2016 di Jakarta.

3. I Gede Adi Apriana, mahasiswa program Food Production Sertifikat 4 ( 2 tahun ) Mediterranean Bali, meraih Peringkat ke-4 ASEAN dalam World Skills ASEAN Competition 2016 di Kuala Lumpur, Malaysia, menempati peringkat 1 Nasional dalam penyisihan ASEAN Skill Competition 2016 di STP Bandung dan mendapat juara 1 dalam penyisihan ASEAN Skill Competition 2016 di tingkat provinsi Bali.

4. I Gusti Surya Hadi Prayuda Putra, Mahasiswa program Food Production Sertifikat 4 ( 2 Tahun ) Mediterranean Bali., mendapatkan juara 1 (Medali Emas), dalam kompetisi Legian Culinary Festival 2016 yang diselenggarakan oleh Indonesian Chef Association (ICA) Bali.

5. Bekerjasama dengan IHA (Indonesian Housekeeper Association) Bali.

6. Bekerjasama dengan ABI (Asosiasi Bartender Indonesia) Bali.

7. Bekerjasama dengan ICA (Indonesian Chef Association) Bali.

8. Bekerjasama dengan ISA (Indonesia Sommelier Association) Bali.

9. Bekerjasama dengan HFLA (Hotel Front Liner Association) Bali.

2015

1. Memperoleh penghargaan “The Best College in Bali” dalam ajang Bali Best Brand Award 2015.

2. Meraih penghargaan Tingkat Nasional sebagai “Institution of Highly Recommended in Hotel and Cruise Line Training Centre of the Year 2015” dari Kementerian Negara Koperasi dan UKM di Jakarta.

3. I Kadek Lastra Juliantara dan I Gede Langgeng Kurniawan, mahasiswa Food Production Mediterranean Bali menjadi juara 2 dalam kompetisi “The 11th dewata Culinary Challenge 2015.”

2014

1. Penghargaan dari Kementerian Negara Koperasi & UKM, Kategori : "TOP FIGURE INNOVATIVE AWARD 2014" yang diterima di Grand Sahid Hotel Jakarta, 24 Januari 2014.

2013

1. Meraih piagam penghargaan dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transigrasi sebagai “Lembaga Pelatihan Kerja Berprestasi di Bidang Pelatihan dan Produktivitas Kurun Waktu 2011 – 2013”.